Aplikasi Raport SD Kurikulum 2013 2018/2019

Tampilan Aplikasi  raport SD kurikulum 2013

Assalamualaikum dan salam sejahtera buat rekan – rekan Guru yang tetap semangat dalam  menjalankan dedikasinya menjadi ujung tombak pembentuk sumber daya manusia yang unggul. Semoga Bapak/Ibu Guru semua senantiasa diberikan rahmat dan berkah yang berlimpah dari Tuhan Yang Maha Pemberi Berkah dan Rahmat. Pada kesempatan kali ini untuk mempersiapkan masa - masa penilaian pasca pelaksanaan UTS dan UAS, Gurubidang.com akan membagikan aplikasi raport SD Kurikulum 2013 yang tentunya di susun sesederhana mungkin untuk  membantu kinerja Bapak/Ibu dalam menginput hasil belajar dan ujian para siswa secara efektif  dan efisien.

Aplikasi raport tersebut merupakan aplikasi Raport K13 SD 2018/2019 Versi 2018.1 15. Aplikasi ini merupakan  karya dari website Sudoway.Id yang merupakan hasil revisi tahun 2018 untuk kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 Ssemester ganjil dan semester genap. Niat dasar dalam penyusunan Aplikasi Raport K13 SD ini adalah mempermudah kesulitan yang dialami banyak Guru SD dalam  menerapkan pelaporan nilai, pengolahan, pelaksanaan, dan perencanaan dalam sistem kurikulum 2013. Maka dari itu tak jarang pula banyak pengajar yakni para guru yang mengeluh mengenai kurikulum 2013 ini.

Kesulitan yang sering dialami biasanya dalam menyusun tahapan perencanaan penilaian, dalam hal ini para guru sering menemukan kendala dalam memecahkan masalah indikator instrumen mengenai penilaian dan juga teknik untuk penilaian yang cocok agar sesuai dengan kompetensi dasar yang digunakan dalam kurikulum 2013. Selain itu pula para guru juga sering merasa kesulitan pada tahap akhir pengajaran karena para guru memiliki keterbatasan waktu untuk melakukan penilaian sikap dan teknik lainnya.

Sebelum memulai mengunduh Aplikasi Raport Kurikulum 2013 ini, baik diketahui mengenai keunggulan dari Aplikasi tersebut yang nantinya Bapak/Ibu bisa mendapat gambaran dan lebih mudah dalam mengoperasikan Aplikasi ini.  

Kelebihan Dari Aplikasi Raport K13 :

  1. Aplikasi Raport K13 bisa dimiliki dan digunakan tanpa registrasi dan tanpa biaya
  2. memiliki tampilan desain yang ramah di mata seperti software yang kira - kira mirip dengan web yang berbasis DAPODIK
  3. Bisa di Navigasi oleh siapapun dengan pengenalan dan adaptasi yang sangat mudah dimengerti
  4. Ukuran file hanya 2 MB dan tidak banyak memakan kapasitas harddisk Bapak/Ibu dan bisa memberikan ruang lebih untuk file - file penting Bapak/Ibu. Terutama bagi Bapak/Ibu yang menggunakan notebook yang  merupakan perangkat komputer portable yang paling kecil kapasitasnya.
  5. Kompatibel dengan sistem operasi Microsoft office 2007, 2010 hingga 2016
  6. Memiliki menu tambahan berupa Buku Induk yang memungkinkan Bapak/Ibu untuk mencetak buku induk tersebut untuk administrasi lainnya yang berhubungan dengan kurikulum 2013
  7. Memiliki sistem pengolahan nilai terlengkap mulai dari pengolahan nilai ulangan harian, PTS hingga PAS
  8. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan menu Progres Pekerjaan yang memiliki fungsi dalam mengobservasi pekerjaan yang Bapak/Ibu lakukan dan memiliki keakuratan cetak nilai sebesar  80%
Sedangkan kekurangan aplikasi ini adalah :

  1. Aplikasi terlalu fleksibel, terlalu banyak pilihan, sehingga  kemungkinan guru dengan pemahaman penilaian k13 yang minim mungkin saja akan cukup kesulitan menggunakan aplikasi ini.
  2. Tidak tersedianya format penilaian standart, sehingga Bapak/Ibu diharuskan membuat sendiri evaluasi menurut kehendaknya atau menyesuiakan dengan rpp dan buku.
  3. Tidak tersedianya fitur import nilai dari microsoft excel
  4. Format evaluasi tidak bisa di import ke excel (cuma bisa di cetak saja)
  5. Aplikasi hanya bisa digunakan untuk 1 pc.

Baiklah setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari aplikasi ini, tiba saatnya untuk Bapak/Ibu mengunduh Aplikasi Raport SD kurikulum 2013 pada link yang tersedia dibawah ini: 


Demikian yang bisa kami sajikan pada postingan kali ini, semoga apa yang telah kami info dan bagikan bisa menjadi manfaat bagi Bapak/Ibu Guru dalam menyusun penilaian pada raport  sebagai hasil dari pelaksanaan ujian para siswa terutama UTS dan UAS. Untuk Aplikasi raport untuk jenjang SMP dan SMA bisa Bapak/Ibu temui pada postingan berikutnya hanya di Gurubidang.com




0 Response to "Aplikasi Raport SD Kurikulum 2013 2018/2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel