Contoh Susunan Laporan Kegiatan Ekstrakurikuler

Tampilan Susunan Laporan Kegiatan Ekstrakurikuler


Assalamu'alaikum dan salam sejahtera untuk para rekan - rekan guru dimanapun Anda berada. Semoga Bapak/Ibu sekalian senantiasa masih diberi rahmat dan karunia yang berlimpah oleh Tuhan Yang Maha Esa. Senang sekali di kesempatan kali ini kami dari gurubidang.com kembali ingin berbagi manfaat kepada Bapak/Ibu sekalian dengan membagikan berkas administratif yang bisa digunakan untuk kepentingan Bapak/Ibu dalam menjalani keseharian sebagai tenaga pengajar. Berkas yang kami bagikan kali ini adalah contoh susunan Laporan Kegiatan Ekstrakurikuler.

Seperti yang sudah sebagian besar kita ketahui yang mana sebentar lagi akan memasuki tahun ajar baru 2019/2020, tentunya hal yang utama diinformasikan kepada para siswa baru selain tata tertib peraturan masa belajar mengajar, yaitu adalah pengenalan program ekstrakurikuler. Karena jika kita mengacu pada Undang –undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional Pasal 12 ayat (1b) menyatakan bahwa setiap murid pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan pendidikan yang sesuai dengan bakatnya, minat, dan kemampuan.

Berdasarkan Undang - Undang tersebut, selain pembelajaran formal di dalam kelas, kegiatan ekstrakurikuler bisa menjadi stimulus para siswa untuk meningkatkan sistem motorik melalui program yang bisa dijalani sesuai bakat, minat, dan kemampuan para siswa. Sehingga selain kemampuan akademis yang dijalani melalui proses formal, kemampuan nonakademis melalui proses ekstrakurikuler diharapkan membantu para siswa untuk mengoptimalkan potensi terpendamnya.

Jenis kegiatan ekstra ditentukan oleh sekolah dan disesuaikan dengan kebutuhan atau hasil usulan dari guru atau siswa. Dilaksanakan setelah atau sesudah jam pelajaran (KBM) berlangsung.
Kegiatan ekstrakurikuler wajib di hentikan untuk melaksanakan sholat pada saat waktu sholat tiba.
Setiap kegiatan ekstrakurikuler harus mendapat persetujuan pimpinan sekolah.
Kegiatan ekstrakurikuler di liburkan satu minggu menjelang ulangan tengah semestar, ulangan akhir semester, dan ujian.

Kegiatan ekstrakurikuler wajib di dampingi oleh pembina/pelatih.Selain fungsi normatif diatas, guna dari kegiatan ekstrakurikuler bisa dikaitkan dengan menambah nilai yang kurang dalam mata pelajaran yang diambil, pengembangan bakat siswa dan siswi, dan juga sebagai sarana permainan yang diminati seorang siswa dan siswi atau sarana bermain sambil belajar (Hanjaya, 2008).

Baiklah setelah beberapa pengantar di atas langsung saja untuk Bapak/Ibu segera mengunduh contoh susunan laporan kegiatan ekstrakurikuler yang bisa Bapak/Ibu gunakan sebagai dokumen administratif pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pada link yang telah kami sediakan dibawah ini:

Download Contoh Susunan Laporan Kegiatan Ekstrakurikuler

Untuk tambahan informasi format laporan tersebut berformat PDF, sehingga mohon dipastikan terlebih dahulu perangkat yang Bapak/Ibu gunakan memiliki aplikasi program pembaca format PDF seperti contohnya Adobe Acrobat.

Demikian beberapa hal yang bisa kami bagikan untuk mengoptimalkan kinerja Bapak/Ibu dalam rangka mempersiapkan tahun ajar 2019/2020 ini. Semoga apa yang kami sajikan pada postingan kali ini bisa sedikit berkontribusi kepada Bapak/Ibu selaku abdi negara dan sebagai tenaga pendidik pembentuk tunas - tunas muda bangsa.


Dan juga didalam tahun ajar yang baru nanti, besar harapan kami pada Bapak/Ibu guru sekalian dapat optimal dalam memberikan pengajaran terbaik kepada tunas - tunas muda kita selaku generasi bangsa demi masa depan Indonesia yang gemilang. Jika dalam postingan  kali ini ada kata atau kalimat atau bahkan ada berkas yang tidak  sesuai ekspektasi Bapak/Ibu, mohon dibukakan pintu maaf  sebesar - besarnya dan  mohon tinggalkan kritik dan saran untuk menjadi bahan evaluasi  kami kedepannya.  Nantikan terus berkas - berkas administratif dan aplikasi pendidikan  lainnya hanya di gurubidang.com.

1 Response to "Contoh Susunan Laporan Kegiatan Ekstrakurikuler"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel