Soal Latihan USBN Untuk Jenjang SD/MI Sederajat

Tampilan contoh Soal  USBN SD/MI

Assalamu'alaikum dan salam sejahtera bagi Anda rekan - rekan guru dan tenaga pengajar di manapun Anda berada.  Semoga Bapak/Ibu senantiasa masih diberi kesehatan dan berkah yang melimpah oleh Sang Maha Pemberi Berkat dan Sehat. Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami dari gurubidang.com  akan kembali membagikan berkas yang sekiranya bermanfaat bagi Bapak/Ibu terkait sudah dekatnya pelaksanaan USBN bagi jenjang SD yang akan digelar tanggal  22 sampai  24 April.

Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama USBN atau Ujian sekolah berstandar nasional di jenjang SD/MI tahun 2019 hanya memberlakukan tiga mata pelajaran, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam. Kisi-Kisi soal USBN SD/MI 2019 telah dirilis sebagai acuan dalam penyusunan soal USBN SD/MI yang menggunakan materi irisan dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) atau Kurikulum 2006 dengan Kurikulum 2013. 

Perlu kita ketahui bahwa format atau susunan kisi-kisi USBN SD/MI tahun 2019 mencangkup level kognitif dan ruang lingkup materi. 3 level kognitif yang dimaksud terdiri dari: Pengetahuan dan Pemahaman, Aplikasi, serta Penalaran. Soal yang diujikan dalam USBN SD/MI tahun 2019 adalah bentuk soal pilihan ganda dan uraian. Dengan jumlah butir soal; Bahasa Indonesia sebanyak 40 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian, Matematika 30 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian, serta IPA 35 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian.


Baiklah  setelah beberapa kalimat pengantar di atas, silahkan bagi Bapak/Ibu untuk segera mengunduh contoh soal latihan USBN untuk jenjang SD/MI untuk membantu  mengoptimalkan latihan siswa/siswi Bapak/Ibu dalam  mempersiapkan pelaksanaan USBN tahun ini pada link dibawah ini.

DOWNLOAD SOAL LATIHAN BAHASA INDONESIA USBN SD/MI 
DOWNLOAD PEMBAHASAN SOAL LATIHAN BAHASA INDONESIA USBN SD/MI

DOWNLOAD SOAL LATIHAN MATEMATIKA USBN SD/MI 
DOWNLOAD PEMBAHASAN SOAL LATIHAN MATEMATIKA USBN SD/MI

DOWNLOAD SOAL LATIHAN IPA USBN SD/MI 

DOWNLOAD PEMBAHASAN SOAL LATIHAN IPA USBN SD/MI


Sebagai informasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menetapkan kebijakan baru untuk ujian akhir di jenjang sekolah dasar (SD). Mulai tahun pelajaran 2018/2019 akan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) bagi peserta didik kelas 6. USBN di tingkat SD/MI hanya menguji 3 mata pelajaran, yakni Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Pembuatan naskah soal ujian, jika sebelumnya pada US/M, sebanyak 25 persen soal disiapkan oleh Pusat sebagai soal jangkar dan 75 persen soal disiapkan oleh guru dan dikoordinasi oleh Dinas Pendidikan. Sekarang, pada USBN 2019, sebesar 20 sampai 25 persen soal disiapkan oleh Pusat dan 75 persen hingga 80 persen disiapkan oleh guru yang tergabung dalam kelompok kerja guru (KKG).

Demikian yang bisa kami bagikan pada postingan kami kali ini, semoga apa yang kami sajikan pada kesempatan kali ini, bisa  membantu mensukseskan pelaksanaan USBN tahun ini dan bisa mengantarkan peserta didik  Bapak/Ibu ke hasil yang diharapkan dan mendapatkan  prestasi yang  gemilang untuk mendapatkan jenjang yang diharapkan. Jika sekiranya ada kalimat atau kata yang kurang berkenan dan ada berkas yang diluar ekspektasi Bapak/Ibu, mohon sekiranya untuk memberikan saran dan kritik pada kolom komentar yang tersedia agar bisa menjadi bahan evaluasi kami. Nantikan terus berkas dan aplikasi administratif pendidikan lainnya yang terupdate hanya di gurubidang.com



0 Response to "Soal Latihan USBN Untuk Jenjang SD/MI Sederajat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel