Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 Jenjang SMA/SMK

Tampilan Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 SMA/SMK

Aplikasi penilaian k13 SMA kini telah kami sediakan guna membantu meringankan kinerja Bapak/Ibu sebagai pendidik. Setelah pada postingan sebelumnya kami sudah membagikan Aplikasi Penilaian K13 SD dan SMP, pada postingan kali ini kami akan membagikan Aplikasi penilaian K13 SMA/SMK yang sudah disesuaikan dengan Permendikbud RI No 37 Tahun 2018.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama aplikasi penilaian ini dibuat untuk mempermudah kinerja para guru dalam melakukan input data terhadap hasil belajar baik itu ulangan harian, UTS, US, UN atau bahkan kegiatan non akademik secara efektif dan efisien. Selain untuk menghemat waktu dan bisa melakukan pekerjaan lain, tingkat keakuratan input data pada aplikasi ini bisa dibilang sempurna karna hanya tinggal memasukkan data nilai dan biarkan sistem aplikasinya bekerja secara otomatis untuk menyusun output penilaian secara terstruktur.

Penilaian hasil belajar oleh pendidik dilakukan dalam bentuk ulangan pengamatan, penugasan, dan/atau bentuk lain yang diperlukan. Selanjutnya dinyatakan bahwa penilaian hasil belajar oleh pendidik digunakan untuk

a. mengukur dan mengetahui pencapaian kompetensi siswa
b. memperbaiki proses pembelajaran dan
c. menyusun laporan kemajuan hasil belajar harian, tenggah semester, akhir, akhir tahun, dan/atau kenaikan kelas.

Pelaksanaan penilaian dalam kurikulum 2013 (K-13) bisa dikatakan lebih kompleks jika dibandingkan dengan penilaian di kurikulum sebelumnya. Dalam proses penilain K-13, seorang guru dituntut melakukan penilaian dari 4 aspek yaitu penilaian spiritual (KI-1), penilaian sosial (KI-2), penilaian pengetahuan (KI-3) dan penilaian keterampilan (KI-4).

Oleh karena itu, salah satu administrasi yang harus disediakan oleh guru kelas Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) dalam penilaian adalah adanya Buku Nilai Siswa. Buku nilai siswa seseuai K-13 ini berfungsi sebagai dokumentasi nilai siswa mulai penilaian harian (PH), penilaian tengah semester (PTS) dan penilaian akhir semester dan tahun (PAS/PAT).

Baiklah, setelah beberapa kalimat pengantar di atas, tiba saatnya bagi Bapak/Ibu untuk dipersilahkan mendownload aplikasi penilaian k13 untuk jenjang SMP kelas 7 - 9 yang sebagaimana sudah dijelaskan diatas pada link yang telah kami sediakan di bawah ini.

Aplikasi Penilaian K13 SMA DAN SMK Download Disini

Format penilaian k13 sma yang akan kami bagikan ini telah di lengkapi dengan beberapa menu yang harus diisi dan disesuaikan dengan data di sekolah anda, antara lain menu isi data, data siswa, rentang kkm, rencana pengetahuan dan keterampilan serta rekapan hasil nilai pengetahuan dan keterampilan.

Pada format penilaian k13 ini,cara menggunakannya sangat mudah yaitu Anda tinggal menyesuaikan dengan situasi di sekolah masing-masing baik dari segi mata pelajaran, nama guru,nama siswa, KKM, dan lainnya.

Format penilaian k13 ini di sajikan dalam bentuk exel sehingga sangat mudah untuk digunakan karena sudah dilengkapi dengan rumus-rumus yang sesuai dan juga memiliki criteria yang sama dengan yang ada pada aplikasi Eraport.

Demikian beberapa hal yang bisa kami bagikan untuk mengoptimalkan kinerja Bapak/Ibu dalam rangka menyambut tahun ajar 2019/2020 ini. Semoga apa yang kami sajikan pada postingan kali ini bisa sedikit berkontribusi kepada Bapak/Ibu selaku abdi negara dan sebagai tenaga pendidik pembentuk tunas - tunas muda bangsa.


Dan juga didalam tahun ajar yang baru ini, besar harapan kami pada Bapak/Ibu guru sekalian dapat optimal dalam memberikan pengajaran terbaik kepada tunas - tunas muda kita selaku generasi bangsa demi masa depan Indonesia yang gemilang. Jika dalam postingan  kali ini ada kata atau kalimat atau bahkan ada berkas yang tidak  sesuai ekspektasi Bapak/Ibu, mohon dibukakan pintu maaf  sebesar - besarnya dan  mohon tinggalkan kritik dan saran untuk menjadi bahan evaluasi  kami kedepannya.  Nantikan terus berkas - berkas administratif dan aplikasi pendidikan  lainnya hanya di gurubidang.com.

0 Response to "Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 Jenjang SMA/SMK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel