Aplikasi Raport SMP Kurikulum 2013 dan KTSP Format Excel

Tampilan Aplikasi Raport SMP K13

Assalamu'alaikum dan salam sejahtera bagi rekan - rekan guru dimanapun Anda berada. Semoga Bapak/Ibu semua senantiasa masih berada dalam kasih karuniaNya dalam menjalankan aktivitas keseharian sebagai pembentuk sumber daya manusia yang unggul dan kompeten. Pada kesempatan yang berbahagia ini gurubidang.com akan kembali memberikan berkas maupun aplikasi administratif  yang masih berkaitan dengan pelaksanaan ujian tengah semester dan ujian semester. Ketika sebelumnya kami sudah membagikan Aplikasi Raport untuk jenjang SD k13 dan KTSP, kali ini kami akan membagikan Aplikasi Raport  untuk jenjang SMP  sederajat K13 dan KTSP.

Sedikit informasi, raport itu sendiri merupakan salah satu instrumen pertanggungjawaban yang dilakukan sekolah terhadap masyarakat yang dalam hal ini adalah orang tua atau para wali siswa tentang kemampuan yang telah dimiliki siswa yaitu berupa sekumpulan hasil penilaian. Proses penilaian melewati tahap pengukuran atau pengujian terhadap peserta didik setelah mengikuti proses belajara mengajar dalam suatu unit tertentu. Untuk memperoleh informasi yang akurat penilaian harus dilakukan secara sistematik dengan menggunakan prinsip penilaian.
Seperti yang tertulis pada pasal 25 (4) Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan disitu dijelaskan secara spesifik bahwa kompetensi lulusan mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Ini berarti bahwa pembelajaran dan penilaian harus mengembangkan kompetensi peserta didik yang berhubungan dengan ranah afektif (sikap), kognitif (pengetahuan), dan psikomotor (keterampilan) (baca Penilaian Psikomotorik).

Sebagai pengantar, aplikasi ini merupakan aplikasi unproteksi karya dari Cahborneo.com. Fitur aplikasi ini memiliki  keunggulan yaitu masing - masing deskripsi yang berbeda dari setiap siswa. Sebagai sampel ilustrasi, jika nilai A maka deskripsinya sama, semua nilai B deskripsinya sama. Padahal jika dianalisa, Yadi mendapat nilai B karena memiliki kelebihan dalam kompetensi X, tetapi kurang di kompetensi Y. Dalam kondisi ini seharusnya tidak ada siswa yang memiliki deskripsi sama jika penilaian dilakukan dengan benar.

Desain aplikasi raport Kurikulum 2013 ini dibuat sesederhana mungkin. Sederhana bukan berarti tidak lengkap, namun  sederhana dalam sebuah desain aplikasi memiliki makna fleksibel karena tidak terlalu banyak memakan byte, karena ukuran file yang hanya kurang dari 6 mb (mega byte) dan tidak terlalu rumit dalam  pengaplikasiannya. Kesederhanaan sangat penting, mengingat yang akan memakai adalah para guru yang belum tentu menguasai teknologi terutama pengoperasian microsoft office. Maka  dari itu aplikasi  ini memungkinkan untuk  para guru cepat beradaptasi dan cepat dalam melakukan kinerja pendataan administratif secara optimal.
Kami memahami bahwa tidak semua sekolah menerapkan sistem pendidikan kurikulum 2013, dan lebih memilih untuk  bertahan pada sistem  pendidikan yang lebih konvensional yaitu KTSP atau KurikulumTingkat Satuan Pendidikan atau Kurikulum  2006. Maka  dari itu kami juga menyediakan aplikasi raport SMP khusus KTSP, yang  antara lain memiliki fitur:
  1. Input Data Sekolah. Untuk memasukan identitas sekolah yang pokok
  2. Input KKM. Memasukkan nilai KKM yang digunakan
  3. Input Peserta Didik. Memasukkan data siswa secara keseluruhan
  4. Cetak Lembar Mutasi. Mencetak data perpindahan siswa
  5. Cetak Cover. Mencetak cover/jilid Raport Siswa
  6. Cetak Biodata. Mencetak Data Siswa

Tampilan Aplikasi Raport SMP KTSP

Baiklah  setelah beberapa  kalimat pengantar diatas, silahkan kepada Bapak/Ibu untuk segera mendapatkan Aplikasi Raport SMP yang sesuai dengan sistem pendidikan yang ibu terapkan di masing -  masing sekolah  tempat Anda mengajar pada link yang tersedia dibawah ini.


Demikian apa yang pada postingan  kali  ini bisa kami berikan kepada Bapak/Ibu rekan - rekan guru sekalian  mengenai aplikasi raport SMP untuk  kurikulum 2013 dan KTSP.  Semoga apa yang kami sajikan pada  postingan  kali ini, bisa sedikit memberikan kontribusi bagi Bapak/Ibu dalam  menjalankan amanah sebagai pembentuk sumber daya manusia yang unggul  dan kompeten. Jika ada dari postingan yang kurang berkenan dan diluar ekspektasi dari Bapak/Ibu, mohon diperkenankan dibukakan pintu maaf yang sebesar - besarnya.  Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Bapak/Ibu berkenan meluangkan waktunya untuk mampir di website kami gurubidang.com. Nantikan update terbaru berkas - berkas dan aplikasi pendidikan kami lainnya hanya di gurubidang.com, selamat melanjutkan aktivitasnya.




0 Response to "Aplikasi Raport SMP Kurikulum 2013 dan KTSP Format Excel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel