Kisi - Kisi UN/USBN SMP/SMPLB, SMA/SMALB, SMK, Paket B dan Paket C

Kisi - Kisi UN/USBN SMP/SMPLB, SMA/SMALB, SMK, Paket B dan Paket C

Assalamu'alaikum salam sejahtera bagi rekan - rekan guru dimanapun Anda berada. Semoga  Bapak/Ibu sekalian masih diberikan rahmat dan berkat sehat oleh Sang Maha Pemberi  Berkat dan Sehat, Amin. Tidak terasa sebentar lagi serentak seluruh sekolah akan mengadakan Ujian Nasional untuk jenjang Sekolah Menengah Atas atau SMA  sederajat yang akan dilaksanakan pada akhir maret dan awal April nanti. Tentunya selain mempersiapkan diri dengan pendalaman materi dengan  berbagai rangkuman soal dari pelaksanaan UN sebelumnya, latihan dengan kisi -  kisi juga turut mematangkan kesiapan setiap siswa untuk  menghadapi UN dan USBNtahun ini.

Setelah pada postingan sebelumnya kami membagikan soal latihan UTS untuk SMA dan SMK, pada kesempatan kali ini gurubidang.com akan membagikan kisi - kisi Soal UN/USBN yang tidak hanya untuk jenjang SMA/SMK tapi juga untuk jenjang SMP/SMPLB, SMALB, dan UN Paket B/C. Semuanya bisa Anda unduh dalam  1 link download saja.

Perlu untuk  Anda ketahui, bahwa kisi - kisi tersebut merupakan rekomendasi langsung dari kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  yang didistribusikan melalui Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) yang sekaligus sebagai  penyelenggaran Ujian Nasional.  Pengumuman mengenai kisi-kisi UN dan USBN 2019 ini disampaikan pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) melalui laman resmi Kemendikbud dan juga akun resmi Instagram resmi @kemdikbud.ri (4/11/2018).

Pembagian kisi - kisi UN ini dikhususkan untuk program/jenjang: Progam Paket B dan C, SMK, SMK Luar Biasa (LB), SMA, SMA LB, dan SMK.

Berbeda dengan kisi-kisi USBN yang terdiri atas: USBN Kurikulum 2006, USBN Kurikulum 2013, USBN Mata Pelajaran Agama, USBN (Pendidikan Khusus-Layanan Khusus) PKLK Kurikulum 13, USBN Pondok Pesantren Salafiyah dan USBN SD (Irisan).

BSNP merupakan lembaga ditunjuk sebagai pelenggara UN dengan tanggungjawab:

1. Menelaah dan menetapkan kisi-kisi UN

2. Menyusun dan menetapkan Pedoman Operasional Standar UN;

3. Menetapkan naskah soal UN;

4. Melakukan koordinasi persiapan dan pengawasan pelaksanaan UN secara nasional

5. Melakukan pemantauan, evaluasi, dan menyusun rekomendasi perbaikan pelaksanaan UN kepada Menteri.

Walaupun banyak tanggapan pro dan kontra mengenai penyelenggaraan Ujian Nasional, namun perlu diketahui bahwa pelaksanaan Ujian Nasional  menurut Kemdikbud adalah dapat dijadikan pemerintah untuk mengetahui kondisi pendidikan di Indonesia saat ini secara menyeluruh. Selain itu juga adanya satu uji kemampuan yang terstandarisasi yang dapat dikatakan sebagai upaya mengupgrade kemampuan  dan potensi akademik para siswa. Setidaknya, menjadi lebih tahu harus sejauh mana tiap siswa belajar untuk persiapan UN. Selain itu, sebagai bentuk rangkuman dari seluruh pengetahuan yang sudah didapat selama tiga tahun bersekolah lamanya. Dengan bersama-sama mengerjakan soal yang memiliki satu standar seperti ini, juga menghindari kecemburuan sosial antarsiswa karena menganggap soal ujian di satu daerah lebih muda atau sulit. 

Baiklah setelah beberapa kalimat pengantar di atas, langsung saja bagi Bapak/Ibu guru untuk segera mendapatkan kisi - kisi UN/USBN pada  link yang tersedia dibawah ini:

Download Kisi - Kisi UN/USBN SMP/SMPLB SMA/SMALB SMK UN PAKET B/PAKET C


Format kisi - kisi tersebut berbentuk PDF yang dimana Bapak/Ibu harus memiliki aplikasi pembaca format PDF adobe acrobat reader yang bisa Bapak/Ibu unduh di SINI


Demikian kisi - kisi untuk persiapan siswa/siswi Bapak/Ibu dalam menghadapi UN/USBN yang sebentar lagi akan dilaksanakan. Semoga apa yang sudah kami bagikan pada postingan kali ini, bisa memberikan manfaat positif  dan sukses menyelesaikan UN/USBN tahun 2019.  Jika ada kalimat atau kata yang sekiranya  kurang berkenan atau konten download  yang diluar ekspektasi Bapak/Ibu, kami  mohon maaf yang sebesar - besarnya dan mohon bagi Bapak/Ibu untuk  meninggalkan komentar baik berupa kritik dan saran dan bisa menjadi evaluasi kami pada postingan berikutnya. Nantikan terus postingan - postingan berkas administratif maupun aplikasi pendidikan lainnya hanya di gurubidang.com .




0 Response to "Kisi - Kisi UN/USBN SMP/SMPLB, SMA/SMALB, SMK, Paket B dan Paket C"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel