Kalender Ramadhan dan Idul Fitri 1440 H/2019 3 Zona Waktu

Kalender Ramadhan 2019

Assalamu'alaikum dan Salam Sejahtera bagi rekan - rekan guru dimanapun Anda berada. Semoga Bapak/Ibu sekalian senantiasa masih diberi berkat dan rahmat yang luar biasa dari Tuhan yang Maha Esa. Seiring sudah mendekatnya bulan yang dinantikan oleh seluruh umat Muslim di dunia, yaitu bulan Ramadhan, pada kesempatan kali ini Gurubidang.com akan membagikan kalender ramadhan 2019 untuk Bapak/Ibu yang beragama Islam untuk mempersiapkan dan menyambut bulan yang penuh hikmah ini.

Ramadhan tahun 2019 ini jatuh pada bulan Mei yang  diperkirakan akan mulai memasuki hari pertama ramadhan di tanggal 6 dan berakhir pada hari Selasa, 4 Juni 2019. Idul Fitri akan jatuh pada hari Rabu, 5 Juni 2019. Perlu Anda pahami, ini merupakan tanggal tentatif, karena tanggal sebenarnya bergantung pada hasil pengamatan bulan Ramadhan 2019, bulan ke-9 pada kalender Islam (1440 Hijriah). Panjangnya bulan bervariasi antara 29 hingga 30 hari bergantung pada pengamatan bulan Syawal yang mengantarkan kita pada perayaan Idul Fitri yang dinantikan pada tanggal 1 Syawal. Kalender puasa ini kami ambil dari situs islamicfinder.com yang merupakan referensi informasi tentang segala hal yang berhubungan dengan jadwal sholat harian, tempat dan organisasi, kalender islami, acara/kegiatan, dan masih banyak lagi. Maka bisa dipastikan kalender yang  kami bagikan merupakan kalender puasa resmi yang digunakan secara nasional  maupun internasional.

Ramadhan, yang jatuh pada tiap bulan ke-9 pada kalender Islam, merupakan salah satu bulan yang paling diberkahi dalam Islam. Seluruh umat muslim berpuasa selama bulan ini, memaksimalkan diri dalam beribadah, dan meningkatkan zikir kepada Allah SWT. Bulan Ramadhan diakhiri dengan peringatan Idul Fitri sebagai ungkapan rasa syukur umat muslim kepada Allah SWT atas bulan yang penuh berkah serta perayaan yang penuh semangat keagamaan. Umat muslim berpuasa selama bulan ini, karena berpuasa mengajarkan mereka arti kegigihan dan toleransi yang sesungguhnya. Selama bulan ini, umat muslim tidak hanya menahan diri dari rasa lapar dan haus selama waktu yang ditentukan, tapi mereka juga harus mengekang semua emosi negatif seperti amarah dan berusaha membuktikan diri mereka untuk menjadi muslim yang sempurna.

Baiklah setelah beberapa kalimat pengantar seputar informasi  tentang Ramadhan diatas, tiba saatnya untuk Bapak/Ibu untuk langsung saja mengunduh kalender ramadhan yang kami siapkan pada link dibawah ini. Kalender puasa ini kami bagi dalam tiga link yang masing - masing terdapat zona pembagian waktu yang berlaku di Indonesia, yaitu WIB,  WITA, dan WIT.

- Download Kalender Puasa WIB di SINI
- Download Kalender Puasa WITA di SINI

- Download Kalender Puasa WIT di SINI

Demikian beberapa informasi dan berkas terkait pelaksanaan Ramadhan tahun 2019, semoga Ramadhan tahun ini bisa menjadi bulan yang menambah kadar kualitas iman dan akhlak Bapak/Ibu semua dalam menjalani tugas dan kewajiban sebagai role model bagi siswa dan siswi yang Bapak/Ibu didik di sekolah tempat Anda masing - masing mengajar. Dan juga semoga apa yang kami berikan pada kesempatan kali ini bisa membantu Bapak/Ibu bagi yang beragama Islam dalam menjalani ibadah puasa selama satu bulan penuh dan menjadi pribadi dengan akhlak dan iman yang kokoh pada idul fitri nanti. Jika ada kalimat yang kurang berkenan atau bahkan berkas yang mungkin diluar ekspektasi Bapak/Ibu,  mohon tinggalkan kritik dan saran pada kolom komentar yang tersedia agar bisa menjadi bahan evaluasi kami. Nantikan terus berkas dan aplikasi pendidikan terupdate lainnya hanya di Gurubidang.com



0 Response to "Kalender Ramadhan dan Idul Fitri 1440 H/2019 3 Zona Waktu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel