Format Administratif MOS/MPLS Tahun Ajar 2019/2020 Semua Jenjang

Tampilan Format SK MOS/MPLS

Assalamu'alaikum dan salam sejahtera bagi Anda rekan - rekan guru dimanapun Anda berada. Semoga Bapak/Ibu sekalian senantiasa masih dalam lindungannya dan masih senantiasa diberikan rahmat kesehatan dan rezeki yang berlimpah oleh Tuhan Yang Maha Esa. Pada kesempatan yang berbahagia ini kami dari gurubidang.com akan kembali membagikan berkas administrasi yang sekiranya Bapak/Ibu perlukan sebagai tenaga pengajar di berbagai jenjang. Berkas administrasi yang kami bagikan pada artikel kali ini terkait dengan akan dimulainya tahun ajaran baru 2019/2020 yang tentunya dimana tiap - tiap sekolah akan mengadakan masa orientasi sekolah (MOS), dan oleh karena itu kami akan membagikan Contoh Format SK MOS/MPLS (Masa Orientasi Siswa/Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) Tahun Pelajaran 2019/2020  dan juga  sekaligus referensi dalam menyusun kegiatan MOS yang positif dan tentunya menjadi modal penting bagi para calon siswa baru yang akan bersiap menghadapi proses belajar mengajar di lingkungan baru.

Seperti yang kita ketahui Masa Orientasi Siswa diidentikan dengan perpeloncoan dan di jadikan alat senioritas kepada para juniornya, sering ditemukan banyak kasus bahwa masa orientasi sekolah sering dimanfaatkan untuk mengasah mental dan memperkenalkan lingkungan sekolah dengan cara yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan proses belajar mengajar yang akan para calon siswa jalani nantinya. Oleh karena kejadian tersebut kami berinisiatif untuk mengubah tradisi tersebut menjadi kegiatan produktif yang nantinya bisa siswa pergunakan dalam proses belajar mengajar.

Dalam format SK MOS yang akan kami bagikan secara garis besar berisikan mengenai  character building yang dimana, nantinya para siswa akan menerima berbagai macam mata pembelajaran untuk membentuk karakter mereka sesuai pelajaran yang mereka terima. Jika digaris besarkan, jika ada siswa yang ahli dalam sains,siswa tersebut berpotensi untuk menciptakan dan mengembangkan sesuatu jika diarahkan dan dibimbing sesuai apa yang terlihat dari minat siswa tersebut di dalam sains.

Jika siswa tersebut ahli dalam bidang olahraga, tentunya hal itu berpotensi untuk menambah kuantitas dan kualitas kontingen Indonesia ke ajang olahraga bergengsi jika dukungan dari sekolah berjalan pada jalurnya. Hal inilah yang ternyata tidak diperkenalkan pada Masa Orientasi Sekolah yang ternyata dijadikan ajang perpeloncoan dan seakan-akan sikap para senior dapat dikatakan gila hormat dan mendapatkan kepuasan tersendiri ketika melakukan perpeloncoan. Karena faktor tersebut,mindset Masa Orientasi Siswa sudah terlanjur negatif dimata masyarakat yang seharusnya, membantu para orang tua untuk membentuk karakter calon siswa sesuai apa yang akan diterimanya nanti disekolah.

Jika harus tersusun dalam beberapa poin, Masa Orientasi Siswa yang on the track dan harus dimplementasikan secara terstruktur dan koheren, adalah sebagai berikut :
  • Memperkenalkan siswa pada keorganisasian.
  • Memperkenalkan siswa untuk dapat menyanyikan lagu Mars sekolah.
  • Memperkenalkan siswa pada seluruh kegiatan yang ada di sekolah.
  • Memperkenalkan siswa pada lingkungan fisik sekolah yang baru mereka masuki.
  • Memperkenalkan siswa pada seluruh komponen sekolah beserta aturan, norma, budaya, dan tata tertib yang berlaku di dalamnya
  • Mengarahkan siswa dalam memilih kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan bakat
  • Menanamkan sikap mental, spiritual, budi pekerti yang baik, tanggung-jawab, toleransi, dan berbagai nilai positif lain pada diri siswa sebagai implementasi penanaman konsep iman, ilmu, dan amal.
  • Menanamkan berbagai wawasan dasar pada siswa sebelum memasuki kegiatan pembelajaran secara formal di kelas.
Baik, setelah beberapa kalimat pengantar mengenai format SK MOS yang akan kami bagikan ini, langsung aja bagi Bapak/Ibu untuk mengunduh beberapa berkas yang sudah kami siapkan pada link dibawah ini.

Dari ke 9 poin diatas terkait Contoh Format SK MOS (Masa Orientasi Siswa) Tahun Pelajaran 2019/2020, merupakan hal yang seharusnya dijalankan pada masa orientasi siswa, jika kita berpatok pada siswa yang merupakan aset bangsa yang harus ditingkatkan kualitasnya untuk bisa membangun bangsa, maka jalur pendidikan yang diawali dari masa orientasi, harus bisa mengarahkan minat siswa sesuai dengan potensi yang dimiliki masing – masing siswa dengan arahan para tenaga didik, terutama kepala sekolah yang harus memantau jalannya masa orientasi dengan berpatokan kepada 9 poin diatas.

Demikian berkas yang bisa kami bagikan untuk mengoptimalkan kinerja Bapak/Ibu dalam rangka mempersiapkan tahun ajar 2019/2020 ini. Semoga apa yang kami sajikan pada postingan kali ini bisa sedikit berkontribusi kepada Bapak/Ibu selaku abdi negara dan sebagai tenaga pendidik pembentuk tunas - tunas muda bangsa. Dan juga didalam tahun ajar yang baru nanti, besar harapan kami pada Bapak/Ibu guru sekalian dapat optimal dalam memberikan pengajaran terbaik kepada tunas - tunas muda kita selaku generasi bangsa demi masa depan Indonesia yang gemilang. Jika dalam postingan  kali ini ada kata atau kalimat atau bahkan ada berkas yang tidak  sesuai ekspektasi Bapak/Ibu, mohon dibukakan pintu maaf  sebesar - besarnya dan  mohon tinggalkan kritik dan saran untuk menjadi bahan evaluasi  kami kedepannya.  Nantikan terus berkas - berkas administratif dan aplikasi pendidikan  lainnya hanya di gurubidang.com.





0 Response to "Format Administratif MOS/MPLS Tahun Ajar 2019/2020 Semua Jenjang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel